Ide-ide bisnis baru...

Knowledge is king...begitu kata orang..:)

Walaupun menurut para motivator bisnis, rencana2 bisnis tuh kadang diharamkan. Tapi bagi orang2 yg memiliki keterbatasan dana, waktu dll sebuah perencanaan menurutku cukup penting. Soalnya jangan sampai kita memulai suatu bisnis yg tidak bisa kita ukur prosesnya, bahkan jangan sampai kalo suatu saat (mudah2an tidak) bisnis merugi, kerugiannya masih sanggup kita tanggung tanpa harus nekat bunuh diri..hehe amit2 deh, kaya' para caleg DPR yg gak kuat nanggung kerugian kampanye...:(

Hmm, beberapa ide dibawah ini mungkin bisa membantu teman2 diluar sana yg memiliki kesamaan geografis en demografis (karakteristik calon costumer) seperti aku.

Karakteristiknya adalah antara lain :
1. Tinggal di perkampungan, bukan di komplek perumahan.
2. calon pembeli adalah orang2 kampung, mahasiswa/i kost, pelajar sekolah yang akan pulang-pergi sekolah dan para pekerja yang melintas untuk menuju jalan raya.
3. Disekitar sudah banyak yg buka warung/toko sehingga kemungkinan kecil membuka usaha yang sama.

Baik ide bisnisnya adalah seperti ini :

1. Membuka cafe komik.
Mengapa kafe? karena banyak mahasiswa/i kost yang butuh makan. Terutama sore hari saat kantin banyak yg tutup. Yang dijual bisa makanan ringan sampai berat.
Istriku pernah punya ide membuka semacam warung masakan jepang (bento). Tentu dengan bahan makanan yang siap saji / tinggal goreng/kukus biar gak terlalu repot.
Mengapa komik. Realita hampir tiap mahasiswa/i suka komik. Apalagi komik ini sebagai pemancing.
Maksudnya tiap orang yg makan ditempat kita, gratis membaca komik. Pasti menjadi sebuah promosi yg bagus...

Untuk tempat usaha dengan karakteristik yg aku uraikan diatas, peluang ini sepertinya cukup baik diambil.

2. Produksi Pot unik.
Sebenarnya ini didasarkan pengamatan, bahwa dilingkunganku sedang digalakan program penghijauan. Jadi kenapa tidak dicoba membuat pot2 unik saja?

Bagaimana uniknya? Pot plastik itu biasa. Yang tidak biasa adalah bila diberi hiasan pada pot itu. Aku sendiri sebenarnya sedang mencoba2 membuat prototip nya...hehe. Yaitu pos plastik yang diberi gambar tokoh2 kartun. Tapi belum berani dilaunch, soalnya aku hitung ongkos produksinya masih terlalu besar. Jadi harga jual pot masih mahal.
Masih mencoba beberapa cara menghias pot ini...mudah2an dalam waktu dekat bisa mulai produksi.

Ide ini sebenarnya mempunyai peluang pasar yang bagus, soalnya aku lihat belum ada orang lain yang bikin tuh. Selain itu, kita juga bisa menjual tidak hanya dilingkungan rumah, tetapi juga bisa menitipkan di lapak2 penjual tanaman hias.

Dua ide inilah yang Insya Allah akan direalisasikan..mudah2an gak ada kendala lagi neh..
Sebenarnya kendala terbesar cuma satu....langkah pertama buat memulai..hehe (kalo gak dimulai, bukan bisnis namanya..tapi mimpi di siang bolong..:))

Yo wis, kalo ada teman2 yg sudah duluan memulainya, bisa share pengalaman ya...thx.

Salam.

0 komentar: